“Hutan Mete”

buah metemete2

(Ilwaki-10/12/16) setiap jengkal tanah di Desa Ilwaki Kecamatan Wetar, kabupaten Maluku Barat daya terisi penuh dengan Ribuan bahkan mungkin menyentuh angka jutaan pohon mete. tidak mengherankan jika komoditas ini menjadikan Desa Ilwaki sebagai sentra produksi terbesar kacang mete mentah (Bulk). memang sebagian besar masyarakat di sini mengandalkan komoditas ini sebagai mata pencaharian utama, apalagi jika bulan November-Desember musim panen mete biasanya terjadi sehingga hampir seluruh aktivitas masyarakat tercurah dibawah rimbunnya pohon mete dengan buah matang yang bergelantungan mengisi setiap rantingnya.

akan tetapi, dikarenakan tanaman ini berbuah serempak, mengakibatkan over produksi sehingga harga jatuh. apalagi sistem tataniaga mete di Desa Ilwaki cenderung termonopoli, dikarenakan hanya ada satu-satunya pengepul yang membeli komoditas ini sehingga petani pada posisi yang lemah dan daya tawar yang rendah pula. mungkin ada yang tertarik untuk berbisnis dalam Bulk Mete di Desa Ilwaki kedepannya sehingga tercipta persaingan harga yang sehat dan tentunya petani menjadi pihak yang paling diuntungkan.

ada ratusan Ton (kurang lebih 260 ton) kacang mete dihasilkan dari desa ini setiap tahunnya, ini merupakan sektor yang menjanjikan untuk digarap serius, sehingga melimpahnya produksi mete di Desa Ilwaki dapat disalurkan ke Industri-Industri makanan di seluruh Indonesia bahkan Manca Negara (son)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan